Kamis, 17 November 2011

Biografi Bapak Koperasi

      
          Kita sebagai bangsa Indonesia pasti mengenal siapa Dr. Moh Hatta. atau yang biasa di panggil Bung Hatta. Dia adalah seorang pejuang, negarawan, dan juga wakil presiden pertama di Indonesia. Selain itu juga dia di kenal sebagai Bapak Koperasi Indonesia. 
          Bung Hatta dilahirkan di Bukit Tinggi, Sumatera Barat, pada tanggal 12 Agustus 1902. Di kota kecil yang indah inilah Bung Hatta dibesarkan di lingkungan keluarga ibunya. Ayahnya, Haji Mohammad Djamil, meninggal ketika Hatta berusia delapan bulan. Dari ibunya, Hatta memiliki enam saudara perempuan. Ia adalah anak laki-laki satu-satunya. Sejak duduk di MULO di kota Padang, ia telah tertarik pada pergerakan. Sejak tahun 1916, timbul perkumpulan-perkumpulan pemuda seperti Jong Java, Jong Sumatranen Bond, Jong Minahasa. dan Jong Ambon. Hatta masuk ke perkumpulan Jong Sumatranen Bond. Lalu di perkumpulan Jong Sumatranen Bond itu Bung Hatta menjabat sebagai bendahara. Dari situ lah rasa tanggung jawab dan disiplin Bung Hatta mulai terlihat. Di kota ini juga Bung Hatta mulai menimbun pengetahuan mengenai perkembangan masyarakat dan politik. Kesadaran politik Bung Hatta makin berkembang karena kebiasaannya menghadiri ceramah-ceramah politik.
          Beliau menempuh pendidikan di ELS (Europese Lagere School) Bukit Tinggi, pada tahun 1916. Kemudian melanjutkan sekolahnya di MULO di kota Padang pada tahun 1919. Setelah lulus MULO, Bung Hatta pergi ke Batavia untuk studi di Sekolah Tinggi Dagang, Ia menyelesaikan studinya dengan hasil yang sangat baik. Dan pada tahun 192, Bung Hatta pergi ke Rotterdam, Belanda untuk belajar ilmu perdagangan/bisnis di Nederland Handelshogeschool. Di Belanda, ia kemudian tinggal selama 11 tahun.
            Tidak hanya aktif dalam bidang politik saja, Bung Hatta juga aktif dalam bidang ekonomu. Ini dapat terlihat dari perhatian beliau  terhadap penderitaan rakyat kecil  yang  mendorongnya untuk membuat gerakan koperasi yang pada prinsipnya bertujuan memperbaiki nasib golongan miskin dan kelompok ekonomi lemah. Selain itu, Bung Hatta adalah seorang intelektual sejati dan sangat haus akan ilmu pengetahuan. Oleh karena itu ia di nobatkan sebagai Bapak Koperasi. Bung Hatta wafat di Jakarta pada tanggal 14 maret 1980 pada umur 77 tahun. 


http://id.wikipedia.org/wiki/Mohammad_Hatta
         

1 komentar:

  1. kawan, karena kita sudah mulai memasuki mata kuliah softskill akan lebih baik jika blog ini disisipkan link Universitas Gunadarma yaitu www.gunadarma.ac.id yang merupakan identitas kita sebagai mahasiswa di Universitas Gunadarma juga sebagai salah satu kriteria penilaian mata kuliah soft skill.. terima kasih :)

    BalasHapus